Cara Merubah Ubuntu 12.04 Desktop Menjadi Server



Cara merubah desktop ubuntu 12.04 menjadi ubuntu server, beberapa hari lalu membantu teman membuat squid proxy untuk warnetnya, yang rencananya dijadikan sebagai external proxy mikrotik.

Sebenarnya mikrotik sendiri sudah terdapat web proxy, tetapi akan jauh lebih baik jika, dibuat terpisah, sehingga dapat mengurangi kerja mikrotik itu sendiri.

Tulisan kali ini tidak membahas bagaimana membuat proxy external mikrotik dengan menggunakan sistem operasi ubuntu 12.04, melainkan bagaimana cara merubah ubuntu 12.04 lts menjadi server, yang kemudian dijadikan sebagai squid proxy cache.

Apa tujuan merubah ubuntu 12.04 desktop menjadi server ?
Untuk membuat proxy squid sebenarnya dengan ubuntu desktop-pun bisa dipergunakan dengan baik, tetapi akan lebih baik jika tampilan GUI desktopnya dihapus beserta aplikasi lainnya yang tidak dipergunakan seperti game, dan aplikasi bawaan desktop lainnya, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja, sehingga resource memory dapat dipergunakan untuk keperluan server cache squid filter dan lain sebagainya.

Cara merubah ubuntu desktop ke ubuntu server
Berikut cara dan tahapan untuk merubah sistem operasi ubuntu desktop menjadi server, dengan menghapus beberapa aplikasi desktop yang tidak digunakan pada server, dan melakukan update install aplikasi lainnya sebagai pendukung, pelengkap server.

Masuk keterminal desktop ubuntu 12.04 lts anda, penting komputer dalam keadaan terkoneksi internet, dan bisa untuk melakukan update package / paket yang dibutuhkan.

sudo su -
sudo apt-get update
sudo apt-get install tasksel
sudo tasksel remove ubuntu-dekstop
sudo apt-get install linux-server linux-image-server
sudo apt-get --purge remove lightdm

Jika semuanya sudah dijalankan reboot, perhatikan komputer anda dan lihat perubahan yang terjadi, anda tidak lagi disuguhkan tampilan GUI desktopnya karena ubuntu 12.04 desktop sudah berubah menjadi server, langkah selanjutnya untuk mempermudah remote server lengkapi server anda dengan perintah.

sudo apt-get update
sudo tasksel install

install aplikasi server dan pilih sesuai dengan kebutuhan server anda, pilih open ssh,dns,lamp dan lainnya, kemudian reboot ulang agar proses instalasi lengkap dan semua yang sudah diinstall dapat berjalan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Merubah Ubuntu 12.04 Desktop Menjadi Server"

Post a Comment