Skiripsi Pengamanan Situs Dengan Enkripsi Head Dan Body Html Menggunakan RC6







BAB I
PENDAHULUAN



1.1  Latar Belakang Masalah


          Perkembangan  teknologi  informasi  dewasa  ini  tidak  terlepas  dari  peran internet   sebagai   tulang   punggung  utamanya.   Berbagai   macam   layanan   dapat disediakan dalam sistem yang melibatkan jaringan seluruh dunia. Salah satu layanan utama yang disediakan dalam sistem internet adalah situs web. Situs web adalah suatu fasilitas yang tersedia di internet berupa sekelompok halaman web (web page), gambar, video dan data digital yang disediakan di satu atau beberapa web server. Sebuah halaman situs bisa dibuat dari berbagai macam format file di server, antara lain HTML, PHP, JSP atau ASP. Format paling sederhana yang bisa digunakan adalah HTML. Situs yang menggunakan file HTML sebagai halamannya tidak bisa melakukan otorisasi user disebabkan sifat file HTML yang statik. Oleh karena  itu,  situs-situs yang membutuhkan otentikasi user  untuk bisa mengaksesnya menggunakan format PHP, JSP atau ASP sebagai pembangun halaman situsnya. Selain bisa melakukan otorisasi user, situs yang menggunakan format PHP, JSP, atau ASP bisa melakukan update content situs secara dinamik sehingga pembuat situs tidak perlu melakukan coding terhadap isi file melainkan bisa melalui fasilitas query ke basis data.
   Ketiga format yang memiliki sifat dinamik seperti disebut sebelumnya menggunakan cara server-side scripting, yaitu suatu cara mengeksekusi isi file yang ada di server sebelum dikirimkan ke client dalam bentuk HTML. Jadi, isi file yang diterima di pihak client tidak sama dengan isi file di server. Dalam sebuah situs, server bisa menyediakan berbagai layanan bagi client nya, seperti berita, ilmu pengetahuan, riset, hiburan dan sebagainya. Sebagian besar situs di internet bisa diakses secara bebas oleh siapa saja yang membutuhkan layanan dari situs tersebut. Artinya, setiap client mempunyai hak akses terhadap segala content situs.
        Dari permasalahan tersebut disini saya sebagai penulis mengambil judul skripsi tentang ” Pengamanan Situs Dengan Enkripsi Head Dan Body Html Menggunakan RC6”.




 
 
1.2  Perumusan Masalah


   Masalah yang ingin dipecahkan dala skripsi ini adalah sebagai berikut
1.        Bagaimana mengenkripsi script HTML menggunakan aplikasi yang dirancang dengan menambahkan algoritma RC6?
2.        Bagaimana mengetahui cara kerja enkripsi dengan RC6?
3.        Bagaimana mengamankan perintah dari bahasa pemrograman HTML  dengan suatu program yang dirancang dengan menambahkan fungsi RC6.


1.3  Batasan Masalah


   Dalam  pengerjaan  skripsi  ini,  ditetapkan  beberapa  batasan  masalah, yaitu sebagai berikut :
1.        Scripting Language yang digunakan adalah HTML.
2.        Tidak ada mekanisme manajemen kunci, dengan kata lain aplikasi tidak menangani penyampaian kunci antara client dan server.
3.        Sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP.
4.        Bahasa program yang digunakan adalah Visual Basic.


1.4  Tujuan dan Manfaat


   Pada skripsi ini tujuan yang ingin dicapai adalah:
1.        Mempelajari  cara  melakukan  enkripsi  HTML dengan RC6.
2.        Mempelajari  cara  melakukan  dekripsi  HTML dengan RC6
3.        Membuat aplikasi yang menyediakan fasilitas enkripsi halaman HTML di sisi client.
   Sedangkan manfaat yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:
1.        Aplikasi yang dirancang bisa dipergunakan untuk mengamankan source code HTML.
2.        Mengetahui cara kerja enkripsi pada HTML dan mengetahui apakah file HTML dapat berjalan ketika script sudah di enkripsi


1.5  Metode Penelitian


Dalam pelaksanaan skripsi ini aktivitas yang dilakukan didalamnya yaitu mengadakan eksplorasi  terhadap perangkat dan konsep yang akan digunakan dalam pembangunan sistem ini, melakukan analisis terhadap permasalahan yang ada, melakukan perancangan sistem berdasarkan hasil analisis tersebut, melakukan implementasi sistem tersebut dengan perangkat yang telah ditentukan dan yang terakhir adalah mengadakan testing terhadap sistem tersebut.
Metode penelitian perangkat lunak yang akan digunakan dengan tahapan sebagai berikut :
1.        Eksplorasi. Pada tahap ini dilakukan eksplorasi terhadap beberapa perangkat dan konsep yang akan akan digunakan dalam membuat skripsi ini. Eksplorasi dilakukan pada beberapa perangkat yang akan digunakan untuk membangun sistem dalam skripsi ini seperti Visual Basic 6.0, Eksplorasi konsep dilakukan dengan cara studi literatur yaitu dengan studi dari berbagai macam buku teks, diktat kuliah, jurnal, karya tulis ilmiah, skripsi dan tesis yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.
2.        Analisis Sistem. Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap rumusan masalah dan batasan yang ada dalam skripsi ini. Analisis ini juga dilakukan untuk melakukan analisis spesifikasi sistem yang akan dibuat sesuai dengan batasan yang ada.
3.        Perancangan Sistem. Pada tahap ini dilakukan proses perancangan sesuai hasil analisis. Pada tahap perancangan ini dilakukan beberapa perancangan yaitu perancangan arsitektur sistem, perancangan antarmuka, perancangan modul lainnya yang akan berintegrasi dalam suatu sistem.
4.        Implementasi Sistem. Pada tahap ini dilakukan implementasi sesuai dengan hasil perancangan. Implementasi ini dilakukan dengan menggunakan perangkat yang sudah dieksplorasi pada tahap sebelumnya. Pada proses implementasi ini dilakukan pembuatan modul-modul dalam bahasa pemrograman tertentu.
5.        Testing Sistem. Pada tahap ini dilakukan beberapa tes terhadap sistem yang telah diimplementasikan.


1.6  Sistematika Penulisan


Sistematika penyusunan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, sesuai dengan sistematika atau ketentuan dalam pembuatan skripsi ini, adapun pembagian bab-bab tersebut adalah:
BAB    I    :     PENDAHULUAN
Bab ini menerangkan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II      :    LANDASAN TEORI
                        Teori pendukung yang berkaitan dengan judul
BAB III    :     ANALISA DAN PERANCANGAN
Disini penulis membahas mengenai analisa dan perancangan berdasarkan judul serta dasar teori yang telah dibuat.
BAB IV     :     ALGOTITMA DAN IMPLEMENTASI
Dalam bab ini akan dibahas tentang algoritma dan implementasi sistem yang telah dirancang.
BAB V      :     KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari skripsi ini yang telah dibuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Skiripsi Pengamanan Situs Dengan Enkripsi Head Dan Body Html Menggunakan RC6"

Post a Comment