Perangkat Lunak Pembelajaran Rambu – rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode Computer Aided Intruction (CAI)



BAB I
PENDAHULUAN




1.1              latar Belakang Masalah


            Rambu-rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat  lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan,  perintah  dan petunjuk bagi pemakai jalan yang biasanya digunakan dalam berbentuk simbol. Sebagai pengguna jalan raya mengenali dan membedakan suatu objek merupakan hal yang sederhana, namun berbeda apabila objek yang dilihat tersebut dalam bentuk simbol-simbol rambu-rambu lalu lintas yang banyak memiliki perbedaan dan arti tersendiri. Biasanya ini terjadi pada pengemudi baru dan pelajar yang masih belum banyak mengerti arti dari simbol lalu lintas, masalah ini menjadi salah satu penyebab peningkatan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas terutama di kota yang tinggi akan kebutuhan alat transportasi yang semakin meningkat. Dalam pengurusan SIM si pengemudi harus melewatin beberapa pengujian yang harus di lewatin dimana salah satu nya adalah menyelesaikan tes tertulis yang berisi soal – soal pilihan berganda tentang Rambu – rambu Lalu Lintas, pada tes tertulis ini tidak sedikit pengemudi yang gagal karena kurangnya memahamin dan mengerti Rambu – rambu Lalu Lintas dan ini menyebabkan pengemudi beralih meggunakan pengurusan SIM secara tidak resmi. Maka dari permasalahan diatas dibutuhkan pembelajaran tentang rambu – rambu lalu lintas.
1
 
            Pengajaran yang menggunakan alat peraga atau alat bantu sebagai media pembelajaran belum berkembang pesat di dalam pendidikan dan masi bersifat monoton, kurangnya sosialisasi dalam pengenalan Rambu – rambu Lalu Lintas. Siswa memerlukan visualisasi atau perantara berupa media pembelajaran. Jadi untuk menyelesaikan permasalahan diatas atau untuk mengoptimalisasi proses pembelajaran khususnnya pembelajaran rambu – rmabu lalu lintas dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu memenuhi proses belajar yang dilakukan secara konvensional.
Penggunaan media sebagai pendamping dalam proses pembelajaran semakin hari semakin dibutuhkan. Penggunaan media dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran karena keterbatasan waktu, tempat dan benda. Menggunakan media komputer lebih baik dari pada siswa memperoleh pembelajaran konvensional, waktu pembelajran dengan menggunakan media komputer menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu penggunaan media dapat mengarahkan pola pemikiran siswa yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkrif, salah satu media yang dapat digunakan dan dikembangkan adalah dengan menggunakan media komputer pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas adalah dengan menggunakan metode Computer Aided Instruction (CAI).
Karena itu penulis berusaha membuat suatu pembelajaran khususnya dibidang lalu lintas untuk pelajar dan masyarakat umum dengan menggunakan sistem komputer. Oleh sebab itu penulis berusaha mengembangkan dan merancang sistem baru, yang selanjutnya dibahas dalam sebuah karya ilmiah dengan judul “ Perangkat Lunak Pembelajaran Rambu – rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode Computer Aided Intruction (CAI)”.


1.2  Perumusan Masalah


Sesuai dengan penjelasan dan uraian pada latar belakang masalah, maka penulis menentukan rumusan masalah yang dihadapi saat ini yang sangat erat hubungannya dengan judul skripsi yang dibawa penulis sebagai berikut :
1.      Bagaimana merancang aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan suatu pembelajaran yang lebih cepat dan jelas ?
2.   Bagaimana membuat aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas  dengan  
       menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI) ?



1.3  Batasan Masalah


Mengingat luasnya permasalahan serta menghindari kesalahan atau penyimpangan dari ruang lingkup yang ditentukan maka penulis menentukan batasan masalah sebagai berikut :
1.      Aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas yang meliputi yaitu sebagai berikut :
          a.   Rambu peringatan.
          b.   Rambu larangan.
          c.   Rambu perintah.
         d.   Rambu petunuk.
2.      Aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas yang disajikan berupa tutorial, latihan, pemecahan masalah, simulasi, dan permainan.
3.      Pembelajaran hanya mencakup rambu – rambu lalu lintas yang sering digunakan di jalan raya dan pada saat pengujian SIM (Surat ijin mengemudi).


1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian


1.4.1Tujuan Penelitian


Adapun penulisan skripsi ini memliki tujuan dan manfaat, tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan  sebagai berikut :
1.      Merancang aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan suatu pembelajaran yang lebih cepat dan jelas.
2.      Membuat aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas  dengan  
menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI)


1.4.2        Manfaat Penelitian


Adapun yang menjadi manfaat studi adalah sebagai berikut :
1.      Tersedianya media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi user.
2.      Adanya media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran yang mandiri sehingga dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuanya .
3.      Membantu pembelajaran terhadap intruksi – intruksi menyelesaikan soal yang membahas tentang rambu – rambu lalu lintas.


1.5              Metode Penelitian


Metode yang akan digunakan dalam pembentukan perangkat lunak ini terdiri dari tahap – tahap berikut :

1.      Studi Pustaka
Melakukan studi keperpustakaan terhadap referensi yang berkaitan dengan rambu – rambu lalu lintas dan metode Computer Aided  Instruction (CAI).
2.      Analisa    
Mempelajarin dan memahamin tanda – tanda rambu – rambu lalu lintas dan metode Computer Aided  Instruction (CAI).
3.      Perancangan
Merancang sistem pembelajaran Computer Aided  Instruction (CAI),  dan  merancang program aplikasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8.0.
4.      Implementasi
Melakukan pengecekan kesalahan (error) terhadap  perangkat lunak yang telah dirancang.
5.      Evaluasi dan Pengujian
Tahap ini aplikasi yang telah dibuat akan dilakukan beberapa skenario uji coba dengan menggunakan beberapa contoh, dan dievaluasi untuk kelayakan pemakaian sistem.
6.      Penyusunan Laporan
Menyusun laporan analisis dan implementasi kedalam format penulisan tugas akhir dengan disertai kesimpulan akhir.






1.6              Sistematika Penulisan


Penulisan skripsi ini terbagi menjadi beberapa bab yang masing-masing bab membahas tentang :

BAB    I     :   PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan. 

BAB    II    :    LANDASAN TEORI
Membahas  teori  dan  konsep  yang  dipergunakan  untuk  memecahkan  masalah  sesuai  dengan  kasus  yang  diteliti  dan  konseptual  yang  menjelaskan  tentang  langkah-langkah  yang  ditempuh  dalam  pemecahan  masalah,  serta  teori  lain  yang  mendukung  penyelesaian aplikasi.

BAB    III  :    ANALISA DAN PERANCANGAN
Dalam bab ini mengemukakan secara singkat Data Flow Diagram (DFD), rancangan database, desain antar muka (menu input output), flowchart, program lengkap, hasil program, spesifikasi program dan prosedur penggunaan program.

BAB  IV   :     ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Dalam bab ini diuraikan tahap – tahap dalam menjalankan  program dan menjelaskan komponen – komponen yang digunakan dalam pembuatan program.
  
BAB   V    :    KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini diuraikan kesimpulan yang ditarik dari hasil Penelitian dan memberikan saran-saran yang dianggap perlu untuk kesempurnaan  skripsi ini.


komen jika ingin lanjutannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Lunak Pembelajaran Rambu – rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode Computer Aided Intruction (CAI)"

Post a Comment