BAB I
PENDAHULUAN
1.1
latar Belakang Masalah
Rambu-rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan
jalan dalam bentuk tertentu yang
memuat lambang, huruf, angka, kalimat atau perpaduan di
antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah
dan petunjuk bagi pemakai jalan yang biasanya digunakan dalam berbentuk
simbol. Sebagai pengguna jalan raya mengenali dan membedakan suatu objek
merupakan hal yang sederhana, namun berbeda apabila objek yang dilihat tersebut
dalam bentuk simbol-simbol rambu-rambu lalu lintas yang banyak memiliki
perbedaan dan arti tersendiri. Biasanya ini terjadi pada pengemudi baru dan
pelajar yang masih belum banyak mengerti arti dari simbol lalu lintas, masalah
ini menjadi salah satu penyebab peningkatan pelanggaran, kemacetan, dan
kecelakaan lalu lintas terutama di kota yang tinggi akan kebutuhan alat transportasi
yang semakin meningkat. Dalam pengurusan SIM si pengemudi harus melewatin
beberapa pengujian yang harus di lewatin dimana salah satu nya adalah menyelesaikan
tes tertulis yang berisi soal – soal pilihan berganda tentang Rambu – rambu
Lalu Lintas, pada tes tertulis ini tidak sedikit pengemudi yang gagal karena
kurangnya memahamin dan mengerti Rambu – rambu Lalu Lintas dan ini menyebabkan
pengemudi beralih meggunakan pengurusan SIM secara tidak resmi. Maka dari permasalahan diatas dibutuhkan
pembelajaran tentang rambu – rambu lalu lintas.
|
Penggunaan
media sebagai pendamping dalam proses pembelajaran semakin hari semakin dibutuhkan.
Penggunaan media dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam
proses pembelajaran karena keterbatasan waktu, tempat dan benda. Menggunakan
media komputer lebih baik dari pada siswa memperoleh pembelajaran konvensional,
waktu pembelajran dengan menggunakan media komputer menjadi lebih efektif dan
efisien. Selain itu penggunaan media dapat mengarahkan pola pemikiran siswa
yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkrif, salah satu media yang dapat
digunakan dan dikembangkan adalah dengan menggunakan media komputer
pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan
permasalahan diatas adalah dengan menggunakan metode Computer Aided Instruction (CAI).
Karena itu penulis
berusaha membuat suatu pembelajaran khususnya dibidang lalu lintas untuk
pelajar dan masyarakat umum dengan menggunakan sistem komputer. Oleh sebab itu
penulis berusaha mengembangkan dan merancang sistem baru, yang selanjutnya dibahas
dalam sebuah karya ilmiah dengan judul “
Perangkat Lunak Pembelajaran Rambu – rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode
Computer Aided Intruction (CAI)”.
1.2
Perumusan Masalah
Sesuai dengan penjelasan dan
uraian pada latar belakang masalah, maka penulis menentukan rumusan masalah
yang dihadapi saat ini yang sangat erat hubungannya dengan judul skripsi yang
dibawa penulis sebagai berikut :
1. Bagaimana merancang aplikasi pembelajaran
rambu – rambu lalu lintas dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan suatu
pembelajaran yang lebih cepat dan jelas ?
2. Bagaimana membuat aplikasi pembelajaran rambu
– rambu lalu lintas dengan
menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI) ?
menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI) ?
1.3
Batasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan
serta menghindari kesalahan atau penyimpangan dari ruang lingkup yang
ditentukan maka penulis menentukan batasan masalah sebagai berikut :
1. Aplikasi pembelajaran rambu – rambu lalu lintas
yang meliputi yaitu sebagai berikut :
a. Rambu peringatan.
b. Rambu larangan.
c. Rambu perintah.
d. Rambu petunuk.
2.
Aplikasi
pembelajaran rambu – rambu lalu lintas yang disajikan berupa tutorial, latihan,
pemecahan masalah, simulasi, dan permainan.
3. Pembelajaran hanya mencakup rambu – rambu
lalu lintas yang sering digunakan di jalan raya dan pada saat pengujian SIM
(Surat ijin mengemudi).
1.4 Tujuan dan Manfaat
Penelitian
1.4.1Tujuan Penelitian
Adapun penulisan skripsi ini
memliki tujuan dan manfaat, tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut :
1. Merancang aplikasi pembelajaran rambu –
rambu lalu lintas dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan suatu
pembelajaran yang lebih cepat dan jelas.
2. Membuat aplikasi pembelajaran rambu –
rambu lalu lintas dengan
menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI)
menerapkan metode Computer Aided Instruction (CAI)
1.4.2
Manfaat Penelitian
Adapun yang
menjadi manfaat studi adalah sebagai berikut :
1. Tersedianya media yang dapat digunakan
sebagai media pembelajaran bagi user.
2. Adanya media pembelajaran yang dapat
digunakan sebagai pembelajaran yang mandiri sehingga dapat membantu siswa untuk
mengembangkan kemampuanya .
3. Membantu pembelajaran terhadap intruksi –
intruksi menyelesaikan soal yang membahas tentang rambu – rambu lalu lintas.
1.5
Metode Penelitian
Metode yang akan
digunakan dalam pembentukan perangkat lunak ini terdiri dari tahap – tahap
berikut :
1.
Studi Pustaka
Melakukan studi keperpustakaan terhadap referensi yang berkaitan dengan
rambu – rambu lalu lintas dan metode Computer
Aided Instruction (CAI).
2.
Analisa
Mempelajarin dan memahamin
tanda – tanda rambu – rambu lalu lintas dan metode Computer Aided Instruction
(CAI).
3.
Perancangan
Merancang
sistem pembelajaran Computer Aided Instruction (CAI), dan merancang
program aplikasi dengan menggunakan Macromedia
Flash 8.0.
4.
Implementasi
Melakukan pengecekan
kesalahan (error) terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.
5.
Evaluasi dan Pengujian
Tahap ini aplikasi yang telah
dibuat akan dilakukan beberapa skenario uji coba dengan menggunakan beberapa
contoh, dan dievaluasi untuk kelayakan pemakaian sistem.
6.
Penyusunan Laporan
Menyusun laporan analisis dan
implementasi kedalam format penulisan tugas akhir dengan disertai kesimpulan
akhir.
1.6
Sistematika Penulisan
Penulisan
skripsi ini terbagi menjadi beberapa bab yang masing-masing bab membahas
tentang :
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis
menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Membahas teori
dan konsep yang
dipergunakan untuk memecahkan
masalah sesuai dengan
kasus yang diteliti
dan konseptual yang menjelaskan tentang
langkah-langkah yang ditempuh
dalam pemecahan masalah,
serta teori lain
yang mendukung penyelesaian aplikasi.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Dalam bab ini mengemukakan
secara singkat Data Flow Diagram
(DFD), rancangan database, desain
antar muka (menu input output), flowchart, program lengkap, hasil program, spesifikasi program dan
prosedur penggunaan program.
BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Dalam bab ini diuraikan tahap
– tahap dalam menjalankan program dan
menjelaskan komponen – komponen yang digunakan dalam pembuatan program.
BAB
V : KESIMPULAN
DAN SARAN
Dalam bab ini diuraikan
kesimpulan yang ditarik dari hasil Penelitian dan memberikan saran-saran yang
dianggap perlu untuk kesempurnaan skripsi
ini.
komen jika ingin lanjutannya
0 Response to "Perangkat Lunak Pembelajaran Rambu – rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode Computer Aided Intruction (CAI)"
Post a Comment