Skiripsi Implementasi Teknik Watermarking Pada Citra Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)



BAB I
PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang Masalah

            Perkembangan produk digital seperti citra, audio dan video saat ini sangat
pesat dan dapat didistribusikan dengan mudah. Kemudahan distribusi media digital di sisi lain dapat menimbulkan permasalahan ketika media tersebut terlindungi hak cipta (copyright). Sesuai dengan sifatnya, media digital memungkinkan tak terbatasnya salinan yang sulit dibedakan dengan aslinya, dan dengan mudah didistribusikan maupun diperbanyak oleh pihak-pihak yang tidak  bertanggung jawab. Penduplikasian atau penggandaan terhadap suatu citra digital sangatlah merugikan kepemilikan (ownership). Masalah ini memang tak pernah selesai dan menjadi rumit ketika kepemilikan citra digital dipertanyakan pemilik sebenarnya. Oleh karena itu, keaslian suatu citra digital merupakan sesuatu yang harus dijaga dan diperbaiki terus menerus, apabila distribusinya tidak dipantau dengan baik dan proses penanganannya tidak berlangsung secara cepat dan aman maka pengakuan dan pengubahan terhadap citra digital dapat dilakukan oleh orang lain. Pemberian label kepemilikan pada citra merupakan salah satu solusi yang tepat yakni dengan memberi watermark pada citra tersebut. 
            Watermarking merupakan teknik penyisipan (embedding) informasi ke dalam data digital seperti citra, audio dan video secara rahasia. Informasi yang disisipkan kemudian harus dapat diperoleh kembali meskipun data digital telah diproses, disalin atau didistribusikan. Informasi yang akan disisipkan ke dalam data digital dinamakan tanda air digital (digital watermark), sedangkan data digital yang disisipi dinamakan data orisinal (host data). Data digital yang telah disisipi watermark dinamakan data bertanda air (watermarked data) (Basaruddin,2009). Berdasarkan metode pemrosesnya, watermarking dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu pada domain spasial dan domain transformasi. Watermarking yang bekerja pada domain spasial langsung mengubah nilai piksel pada citra asli. Sebaliknya teknik watermarking dalam domain transformasi seperti Discrete Fourier Transform (DFT), Discrete Cosine Transform (DCT), Discrete Wavelet Transform (DWT) dan Singular Value Decomposition (SVD) memiliki lebih banyak keuntungan dan kinerja yang lebih baik dari pada teknik yang bekerja pada domain spasial (Cahyana, 2007).
Teknik watermark dengan metode Singular Value Decomposition (SVD) umumnya penyisipan dilakukan pada nilai-nilai singular berdasarkan pertimbangan bahwa nilai singular tidak akan mengalami perubahan signifikan jika terjadi sedikit gangguan pada citra SVD. Metode Singular Value Decomposition (SVD) merupakan teknik yang digunakan untuk merubah matriks citra menjadi matriks SVD dengan cara mendekomposisikannya untuk mendapatkan nilai singular  dari  citra. Tetapi SVD mempunyai kelebihan yaitu dapat meyelesasikan Sistem Persamaan Linear yang berbentuk tidak konsisten, dalam hal ini solusi yang diperoleh adalah solusi pendekatan terbaik. 
Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode SVD dalam pengamanan hak cipta pada citra digital, sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul yaitu “Implementasi Teknik Watermarking Pada Citra Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD) .

1.2    Perumusan Masalah
      Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka penulis merumuskan masalah yang ada yaitu :
1.         Bagaimana proses penerapan teknik watermarking untuk menyisipkan pesan  pada citra digital?
2.         Bagaimana menerapkan metode Singular Value Decomposition untuk menyisipkan pesan pada citra digital?
3.         Bagaimana merancang aplikasi watermarking pada citra digital?

1.3    Batasan Masalah
     Adapun pembahasan menjadi lebih terarah dan tidak menyimpang sesuai dengan yang sudah di uraikan, maka batasan masalahnya adalah:
1.         Penyisipan pesan dilakukan pada citra digital dengan format yang telah ditentukan, yaitu jpeg dengan ukuran 1160 x 1200 pixel dan untuk prosesnya ialah 5 x 8 piksel.
2.         Citra digital yang digunakan adalah citra keabuan (grayscale).
3.         Proses ekstrasinya dilakukan dengan ordo 5 x 5 dan citra ukuran 5 x 5 pixel.
4.         Aplikasi yang digunakan untuk merancang adalah Microsoft Visual Studio 2008.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian
     Tujuan dan manfaat dalam penelitian berfungsi untuk menyelidiki serta menyelesaikan masalah-masalah terhadap penelitian yang sedang dilakukan.

1.4.1     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk :
1.    Mengetahui proses penerapan teknik watermarking untuk menyisipkan pesan pada citra digital.
2.    Menerapkan metode SVD untuk menyisipkan pesan pada citra digital.
3.    Merancang aplikasi watermarking berdasarkan metode SVD.

1.4.2     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Membantu pengguna dalam penyembunyian hak cipta dengan cara teknik watermarking.
2.    Melindungi hak cipta gambar digital sebagai bukti otentik hak kepemilikan atas content yang dibuat menggunakan teknik watermarking dengan metode SVD.
3.    Memberikan tanda berupa informasi pada suatu citra sehingga citra tersebut aman dari penduplikasian serta dapat mengidentifikasi pemilik dari hak cipta citra tersebut.

1.5     Metode Penelitian
  Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara:
1.    Penelitian kepustakaan (library research), metode ini merupakan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan berdasarkan buku-buku, dan jurnal-jurnal yang ada di internet yang berhubungan dengan judul penelitian.
2.    Tahap analisis (analysis), pada tahap ini dilakukan perencanaan sistem yang dibangun dengan cara menentukan terlebih dahulu permasalahan yang dihadapi oleh pengguna, menentukan batas ruang lingkup permasalahan dan kemudian dilakukan identifikasi kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh pengguna terhadap permasalahan yang dialami dalam menunjang pengembangan sistem ini.
3.    Tahap desain (elaboration), merupakan tahapan bagi para pengembang untuk melakukan desain secara lengkap berdasarkan hasil analisis di tahap inception.
4.    Tahap pengujian (examination), pada tahap ini penulis melakukan pemeriksaan kembali dari tahap inception dan elaboration dan kemudian akan diimplementasikan hasil desain dan melakukan hasil implementasi.
5.    Tahap implementasi (implementation), pada tahap ini dilakukan penerapan sistem dalam sistem operasi agar siap digunakan.
6.    Tahap penyusunan laporan (preparation of report), pada tahap ini dilakukan penyusunan hasil penelitian yang telah dilakukan kedalam sebuah bentuk laporan.

1.6    Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah :
BAB I   : PENDAHULUAN
               Bab ini menguraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, Tujuan dan manfaat penelitian metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II  : LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan teori-teori yang mendukung pembahasan bab selanjutnya. Teori-teori tentang tentang definisi watermarking, jenis-jenis image digital, warna dan ruang warna, klasifikasi watermarking dan teori-teori tentang watermarking dimetode SVD.

BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
                 Bab ini membahas analisa perancangan sistem yaitu perancangan dari sistem dan klasifikasi dari teknik watermarking, metode SVD ,UML dan desain arsitektur perangkat lunak itu sendiri.
BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
                 Bab ini mengggambar algoritma dari sistem dan pengimplementasian dari gambar yang dipilih pada gambar watermarking yang akan dibuat.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
               Meliputi akhir dari penelitian sehingga menjelaskan kesimpulan dari permasalahan serta saran-saran yang akan diajukan untuk mengembangkan sistem yang lebih baik.





KOMEN JIKA ANDA INGIN LANJUTANNYA


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Skiripsi Implementasi Teknik Watermarking Pada Citra Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)"

  1. mohon ijin numpang nyuri ilmunya gan dibagian perhitungan untuk svd kedalam citranya bagaimana terimakasih

    ReplyDelete
  2. Gan, ada lanjutannya gak?

    ReplyDelete