MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2007



MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2007

1.             Buka dan simpan project dengan nama yang diinginkan (“proyek_pembuatan_warnet)
2.             Pengaturan awal Ms Project 2007
·         Double klik kolom Task Name dan akan muncul tampilan Column Definition, seperti gmbar dibawah ini :
 
·         Pada baris Tittle ganti tilisan Task Namenya dengan nama Kegiatan dan Field Namenya tetap.
·         Lakukan juga terhadap kolom – kolom yang lain.
·         Mengisi kolom baru. Tambahkan kolom Output dan kolom Biaya. Kolom Output ditempatkan sebelum kolom lama dan kolom biaya ditempatkan sebelum kolom pelaksana
3.      Kolom Output. Highlight kolom lama klik kanan dan pilih insert kolom
 
4.      Kolom Kos lakukan hal yang sama. Ganti Field Name > Cost dan isi Title >Kos.
 
5.      Mulai Melaksanakan Proyek
·         Proyek Konsultasi instalasi  untuk warnet akan dimulai
·         Mulai mengisi kolom Output, lama, mulai, selesai dan pendahulu
·         Output
a.       Pertemuan awal : Ada Draft Aturan Main
b.      Sosialisasi Draft : Peserta pertemuan awal mengetahui Draft
c.       Penetapan aturan main : Ada peraturan mengenai mekanisme konsultasi
d.      Konsultasi instalasi mulai : Ada peraturan mengenai mekanisme konsultasi
·            Lama
a.     Pertemuan awal : 3 days
b.     Sosialisai Draft : 2days
c.     Penetapan aturan main : 3 days
d.    Konsultasi instalasi  mulai : 3 days
·            Mulai
a.     Pertemuan awal : 20 Februari 2016
b.     Sosialisai Draft : 22 Februari 2016
c.     Penetapan aturan main : 03 Maret 2016
d.    Konsultasi instalasi  mulai : 03 maret 2016
6.       Selesai kosongkan saja karna akan terisi secara otomatis
·            Pendahulu
Diisi dengan urutan dari atas kebawah : baris paling atas kosongkan, baris dibawahnya diisi satu , kemudian baris dibawahnya diisi 2, kemudian 3, dan seterusnya
Tampilan sebagai berikut :
 
·         Pada pertemuan awal
Orang : Riyan,Ahmad
Benda : makan siang, cd drive
·         Pada sosialisasi Draft
Orang : sahrul, narasumber
Benda : Makan siang, kabel UTP, biaya daftar paket telkom
·         Pada penetapan aturan main
Orang : Kepala Program Studi A, Kepala Program Studi B, Kepala Program Studi C, Kepala Program Studi D, Kepala Program Studi E
Benda : makan siang, cd drive, kabel UTP
·         Pada konsultasi instalasi  jarak jauh mulai
Orang : Dekan, Tim service
Benda : makan siang, pengadaan hardware
·         Tuliskan semua sumber daya ini pada kolom Resource Name. Riyan, Ahmad, Sahrul, Narasumber, Kepala Program Studi A,B,C,D,E, Dekan, Tim service, mkan siang, cd drive, , pengadaan hardware
7.       Aturan mengedit sumber daya :
a.      Untuk nama orang
Pada kolom Type  dipilih work. Biaya untuk orang (gaji) ditulis pada kolom.
Std. Rate dengan perhitungan perhari sehingga ditulis Rp../d
b.      Untuk benda
Pada kolom Type dipilh materials. Biaya untuk benda ditulis pada kolom
Std. Rate dengan perhitungan harga per unit
c.       Accrue at
Pada kolom Accrue at dipilih Start
8.      Mengedit sumber daya
Klik nama riyan 2x

9.      Lakukan hal yang sama pada sumber daya yang lain. Setelah selesai kembali ke Gantt Chart View
10.  Mengisi pelaksana, klik 2x pada pada baris 1 dikolom pelaksana. Pilih Tab Resource pada kotak Dialog yang mucul. Pada Resource Name, pilih resource yang diinginkan untuk setiap kegiatan.
11.  Mengisi pelaksana :
a.       riyan dan ahmad bekerja sebanyak 50%
b.      sahrul dan Narasumber bekerja sebanyak 50%
c.       Kepala Program Studi A,B,C,D,E bekerja sebanyak 50%
d.      Dekan dan Tim service bekerja sebanyak 50%
e.       Jumlah makan siang selama 3 hari sebanyak 9 peket
f.       Ngisntal System operasi selama 3 hari sebanyak 7 paket
g.      Jumlah pengadaan hardware selama 3 hari sebanyak 30 unit
h.      Jumlah makan siang selama 2 hari sebanyak 12 paket
i.        Jumlah biaya pulsa selama 3 hari sebanyak 30
j.        Jumlah pengadaan hardware selama 3 hari sebanyak 15 unit
12.  Melihat Detail pembiayaan. Masuk ke Task Usage View. Insert kolom baru bertitle “Kos” dengan Field Name “Cost” setelah kolom work
 

13.  Membuat Laporan Proyek
a.       Misal : Laporan anggaran (Budget Report)
b.      Pilih View > Reports > Costs 
a.       Pilih Budget

 


a.       Hasil Laporan
 
a.       Network Diagram View



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2007"

Post a Comment