makalah manajemen umum



KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin.Segala puji bagi Allah SWT,atas izin dan perkenaannyamakalah yang membahas tentang unsur-unsur  dan tujuan manajemen umum dapat di selesaikan.shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW,kepada keluarganya,sahabatnya,dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.
           
            Makalah ini menjelasskan unsur-unsur dan tujuan manajemen umum dan di simpulkan menjadi satu keterangan yang dapat kami sajikan,selain itu juga menguraikan istilah – istilah bahasa ingris yang terdapat dalam makalah kami.

            Makalah ini tentu saja bulum mencapai kesempurnaan, oleh karena itu,jika di dalam makalah ini terdapat kekeliruan yang di lakukan oleh penyaji,maka penyaji mengharapkan masukan dan keritik dari pembaca sekalian.semoga makalah ini bermamfaat bagi kita  















ii

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang.

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools).Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan.jelas sekali bahwa dengan adanya unsur – unsur manajemen tujuan dalam usaha kita akan terwujud.

Oleh karna itu, kiranya hal itu bisa di jadikan salah satu alasan dan latar belakang di buatnya makalah ini.




B.    Rumusan Masalah.

Untuk lebih memahami kajian makalah ini tentang unsur – unsur dan tujuan manajemen, maka penulis murumuskan masalah manjemen ini sebagai berikut :
1.     Apa unsur – unsur manajemen
2.      Apa tujuan manajemen



C.     Tujuan Penulisan

1.     Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah manajemen umum
2.     Untuk memahami lebih dalam lagi kajian tentang unsur – unsur dan tujuan manajemen umum dan pembahasannya lebih spesifik.





iii

DAFTAR ISI

Kata Pengantar  .....................................................................................      ii
BAB I Pendahuluan  ..............................................................................       .           iii
Daftar Isi  ...............................................................................................     .           iv

BAB II PEMBAHASAN
A.    Unsur – unsur Manajemen  ....................................................                    v
B.     Tujuan Manajemen  ...............................................................                    vii
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan  ...........................................................................                    viii
B.     Saran  .....................................................................................                   viii

























iv
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Unsur – unsur Mananjemen
Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools).Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men,money,materials,machines,method,dan markets.

       >> Man (SDM)
    Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.

>> Money (uang)
    Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.

>> Materials (bahan)
    Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

>> Machines (mesin)
    Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
v

>> Methods (metode)
    Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.

>> Market (pasar)
    Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.Unsur- unsur manajemen menjadi hal mutlak dalam manajemen karena sebagai penentu arah perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan.














vi
B. Tujuan manajemen

1.Fungsi Perencanaan / Planning.
    Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing.
    Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading / Actuating.
    Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4. Fungsi Pengendalian / Controling.
    Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
    Fungsi-fungsi tersebut harus ada agar mendapatkan hasil manajemen yang maksimal untuk perusahaan atau organisasi.















Vii

BAB III
PENUTUP



A.    Kesimpulan
Dari makalah dapat di ambil kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu tujuan ,kita harus memenuhi 6M yaitu : men,money,materials,machines,method,dan markets.








B.   Saran
Demikianlah dalam hal ini penulis akhiri makalah ini,tak lupa mohon maaf kepeda semua pihak ,kritik dan saran penulis harapkan demi perbaikan penulis makalah ini selanjutnya
















vii

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "makalah manajemen umum"

Post a Comment