APLIKASI TRANSPORTASI PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE LEAST COST DAN MODIFIED DISTRIBUTION PADA CV. NIHTA CARGO EXPRESS



BAB I

PENDAHULUAN



1.1     Latar Belakang Masalah
  Transportasi mempunyai peranan penting bagi industri karena produsen mempunyai kepentingan agar barangnya diangkut sampai kepada konsumen tepat waktu, tepat pada tempat yang ditentukan, dan barang dalam kondisi baik. Adanya jasa pengiriman barang, masyarakat dengan mudah mengirim barang, jasa pengiriman barang dapat memperkirakan biaya pangiriman dapat diselesaikan dengan Riset Operasi. Seiring  perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, hampir semua kebutuhan manusia dan ilmu pengetahuan membutuhkan peranan komputer. Banyak model riset operasi yang sudah dikembangkan yang berhubungan dengan komputer salah satunya adalah program linier. Program linier merupakan model dari riset operasi yang paling banyak digunakan dalam bidang industri, transportasi, perdagangan, ekonomi dan berbagai bidang lainnya.
        Tujuan dari model transportasi adalah memindahkan barang dari satu titik ke titik lain dengan biaya yang sangat minimum tanpa ada pengulangan (delay) untuk pengangkutan. Dengan faktor-faktornya adalah setiap permintaan tujuan konsumen terpenuhi dan sumber tidak mungkin mengirim komoditas lebih besar dari kapasitas. Transportasi yang  seimbang  jika  jumlah yang dikirim atau diangkut dari suatu sumber ke suatu tujuan sesuai dengan jumlah permintaan atau kapasitas sumber. Dan   transportasi yang tidak seimbang  jika jumlah persediaan dari beberapa sumber tidak sama dengan jumlah permintaan beberapa tempat tujuan.
        Adapun masalah yang dihadapi oleh CV. Nihta Cargo Express  dalam pengiriman barang yang memiliki  beberapa lintasan adalah kurang memperkirakan biaya supaya seminimal mungkin sehingga sampai ketujuan. Karena CV. Nihta Cargo Express perusahan baru yang bergerak dibidang pengiriman barang. CV. Nihta Cargo Express masih perlu banyak belajar dari perusahaan yang sudah lama menggeluti di bidang pengiriman barang, bagaimana supaya perusahaan CV. Nihta Cargo Express mengoptimalkan biaya pengiriman sampai ketujuan.
       Aminudin (2005) “Prinsip-Prinsip Riset Operasi” mengatakan bahwa persoalan transportasi terpusat pada pemilihan rute dalam jaringan distribusi produk antara pusat industri dan distribusi gudang atau antara distribusi gudang regional dan distribusi pengeluaran lokal. Baik persoalan transportasi maupun persoalan penugasan merupakan bagian dari bentuk persoalan program linier khusus yang disebut persoalan aliran jaringan kerja. Persoalan transportasi pertama kali diformulasikan sebagai suatu prosedur khusus untuk mendapatkan program biaya minimum dalam mendistribusikan unit yang homogen dari suatu produk atas sejumlah titik penawaran (sumber) ke sejumlah titik permintaan (tujuan).
        Menurut  (Deasy Permata Sari, 2014) dengan judul “Optimasi Distribusi Gula Merah pada UD. Sari Bumi Raya Menggunakan Model Transportasi dan Metode Least Cost”  mengatakan bahwa  terdapat beberapa cara dalam pemodelan transportasi atau metode distribusi yaitu untuk menentukan solusi awal dapat digunakan metode Least Cost (Metode Biaya Terkecil), untuk menentukan solusi akhir yang optimal dapat digunakan metode Modified Distribution (MODI). Metode Modified Distribution (MODI) tidak lain dari algoritma batu loncatan (Stepping Stone) dengan teknik yang sudah diperhalus untuk menghitung indeks yang akan ditingkatkan. Metode Modified Distribution (MODI)  menghitung indeksi yang akan ditingkatkan ialah tanpa menggambarkan semua jejak tertutup. Cara Modified Distribution (MODI) cukup menelusuri satu saja jejak tertutup.
        Atas permasalahan diatas maka penulis mengambil judul yaitu “APLIKASI TRANSPORTASI PENGIRIMAN BARANG  MENGGUNAKAN METODE LEAST COST DAN MODIFIED DISTRIBUTION PADA CV. NIHTA CARGO EXPRESS”

1.2  Perumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi ruang perumusan permasalahan adalah :
1.        Bagaimana proses transportasi pengiriman barang pada CV. Nihta Cargo Express ?
2.        Bagaimana menerapkan metode Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution dalam biaya transportasi pengiriman barang pada CV. Nihta Cargo Express ?
3.        Bagaimana merancang aplikasi  transportasi pengiriman barang  menggunakan bahasa pemrograman  Microsoft Visual Basic Studio 2008 pada CV. Nihta Cargo Express ?

1.3     Batasan Masalah
         Agar pembahasan lebih terarah, maka penulis memberikan batasan-batasan pembahasan masalah yaitu :
1.        Pada penelitian ini penulis hanya meminimalkan mengenai  biaya pengiriman barang. 
2.        Pada pembahasan penelitian mengenai pengiriman barang, penulis mengambil data hanya lintasan Bagan Batu, Duri,dan Pangkalan Kerinci  dan 3 kendaraan.
3.        Bahasa pemograman yang digunakan untuk perancangan perangkat lunak adalah Microsoft Visual Basic Studio 2008.

1.4     Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1  Tujuan Penelitian
Penulisan skripsi ini memiliki tujuan, adapun tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut:
1.        Menjelaskan proses transportasi pengiriman barang pada CV. Nihta Cargo Express sampai ketujuan.
2.        Menerapkan metode Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution  dalam transportasi pengiriman barang pada CV. Nihta Cargo Express.
3.        Mengimplementasikan aplikasi transportasi pengiriman barang  menggunakan bahasa pemrograman  Microsoft Visual Basic Studio 2008.

1.4.2   Manfaat Penelitian
Penulisan skripsi ini memiliki manfaat, adapun manfaat  penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut:
1.        Mempermudah perusahaan dalam meminalisir biaya pengiriman barang ketempat tujuan.
2.        Membantu pihak manajemen pengelola dan pihak terkait dalam pertimbangan dan memberikan gambaran yang jelas tentang pelayanan.

1.5     Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.        Identifikasi
Yaitu metode pencarian data dari jasa pengiriman barang tempat penelitian, dari karyawan/i yang berada ditempat penelitian. Dari buku, browsing internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat dan dokumen yang berkaitan dengan data yang diperlukan untuk penelitian.
2.        Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan cara literature, wawancara atau interview dan observasi. Dan pencarian berbagai informasi dari internet yang berhubungan dengan  aplikasi penyelesaian masalah transportasi dan metode Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution.
3.        Analisa Masalah
Analisa setiap masalah yang didapati dalam penelitian dengan penerapan Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution.
4.         Perancangan Sistem
Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap masalah struktur program, Unified Modeling Language (UML) dan perancangan tampilan aplikasi dari transportasi pengiriman barang.
5.         Implementasi Sistem
Implementasi  metode dengan menyusun kode program untuk aplikasi transportasi pengiriman barang dan membuat antarmuka dengan Microsoft Visual Basic 6.0 dan database management sistem menggunakan Mysql.
6.        Pengujian
Melakukan berbagai pengujian yang dibutuhkan untuk memeriksa hasil program dan melakukan perbaikan apabila dibutuhkan.

1.6     Sistematika penulisan
Di dalam penyusunan penelitian ini penulis membagi ke dalam 6 bab, yaitu:
 BAB I     : PENDAHULUAN
Bab ini menerangkan latar belakang masalah, perumusan  
masalah, tujuan dan manfaat penelitian, dan  sistematika penulisan.
BAB II    : TINJAUAN UMUM CV. NIHTA CARGO EXPRESS
Bab ini merupakan uraian tentang perusahaan, yaitu keterangan      mengenai perusahaan tersebut. Yang dijadikan sebagai bahan  
penelitian, untuk mengambil data-data yang akan diterapkan
menjadi
Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution.
BAB III   : LANDASAN TEORI
Pada bab ini merupakan uraian tentang pengertian teori-teori                        
dasar metode Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution dan teori- teori  pendukung lainnya  yang berhubungan dengan topik yang  dibahas.
BAB IV   : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisikan tentang program yang dirancang dengan
penerapan Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution yang digunakan, dan hal-hal yang berhubungan dengan Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution dan aplikasi penyelesaian masalah transportasi pengiriman barang.
BAB V     : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini berisikan pembahasan dan pengujian tentang hasil
implementasi penjadwalan yang dibuat dengan menggunakan  
Least Cost (Biaya Terkecil) dan Modified Distribution untuk memeriksa kinerja sistem dan  melakukan perbaikan apabila dibutuhkan.
BAB VI   : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran yang berisikan hal-hal terpenting yang dibahas dan kemudian dibuat kesimpulan. Bab ini juga berisi saran-saran yang diberikan dan dapat menambah pengetahuan untuk pengembangan perangkat lunak yang telah dibuat.


komen jika ingin lanjutannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI TRANSPORTASI PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE LEAST COST DAN MODIFIED DISTRIBUTION PADA CV. NIHTA CARGO EXPRESS"

Post a Comment