16 cara mempercepat android








1.      1.      Uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai

Cara mempercepat kinerja android adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. Sekarang coba cek perangkat Android anda. Ada berapa banyak aplikasi di dalamnya? Untuk gaming? Chating? Editing foto? Dari sekian banyak aplikasi, pasti ada aplikasi – aplikasi yang sangat sering digunakan, ada juga yang sekedar jadi hiasan. Sebenarnya aplikai – aplikasi yang tidak begitu anda perlukan justru membebani kinerja perangkat Android anda. Ingatlah bahwa secanggih apapun sistem operasi yang anda gunakan, perangkat Android memiliki kapasitas memori yang tetap ada batasannya. Jangan sampai aplikasi – aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai justru menjadi beban untuk gadget anda. Anda cukup masuk ke menu “My apps” pada Google Play Store di perangkat Android. Setelah itu Klik Aplikasi Android yang akan dihapus. Pilih “Uninstall”, dan akan memunculkan pesan “Do you want to uninstall this app?”. Setelah itu pilih “OK”. Cukup mudah bukan? Untuk aplikasi bawaan Android memang tidak dapat dihapus, namun dapat disiasati dengan cara menonaktifkannya melalui menu disable.
  1. Batasi Penggunaan Widget
Widget memang memudahkan pengguna untuk bernavigasi menuju aplikasi. Namun cara mempercepat kinerja android kali berhubungan dengan widget. Biasanya dengan adanya widget, kita akan mendapatkan informasi dan pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi. Praktis bukan? Tapi sebaiknya batasi penggunaan widget. Terlalu banyak widget, akan menguras baterai dan menjadikan kinerja android melambat. Apalagi bila widget yang anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus update tiap saat. Misalnya pemberitahuaan update social media. Kinerja ini akan membuat tambahan proses yang akan menyedot memori, yang ujung – ujungnya berimbas terhadap  melambatnya kinerja ponsel Android. Alangkah baiknya anda melihat update aplikasi (misalnya aplikasi sosial media) hanya pada saat anda login saja. Tidak perlu mengaktifkan widget. Caranya cukup, dengan menyentuh widget agak lama lalu menariknya ke atas.
  1. Bersihkan Cache secara Rutin
Cache merupakan log aplikasi atau game yang telah dibuka. Cache ini menyimpan history dari permainan atau pengaturan aplikasi. semakin banyak aplikasi yang dibuka maka semakin banyak pula cache yang terpendam membuat kinerja Android menjadi lambat. Untuk mengatasinya, bersihkan cache secara rutin.

  1. Update Android
salah satu cara untuk meningkatkan kinerja android adalah dengan cara melakukan update android baik mayor atau minor.  Caranya pergi ke menu settings-About phone – system updates.
  1. Rooting serta ROMing

Langkah yang paling efektif adalah melakukan modifikasi Android dengan cara rooting atau ROMing. Namun yang perlu diperhatikan, untuk melakukan aktivitas ini Anda harus paham betul cara-cara dan resikonya. Jika tidak bisa bisa Android anda yang “lenyap”. Itulah 
  1. Instal aplikasi untuk melegakan memory ram secara otomatis
Aplikasi untuk melegakan memory ram secara otomatis disini maksudnya aplikasi seperti   advansed task killer,Auto Killer Memory,task free dan masih banyak lagi,silahkan anda lihat di google play,akan ada bayak  aplikasi serupa disitu.saya pribadi menggunakan auto killer memory.aplikasi seperti Clean master,DU Speed Boster dan aplikasi sejenis ini.menurut ane ini hanya memperlambat kinerja android,soalnya aplikasi tersebut banyak memakan RAM dan akan start up saat HP di hidupkan ulang
  1. Menghentikan aplikasi yang sedang berjalan
a.       ada banyak cara untuk menghentikan  aplikasi di android contohnya dengan dengan menekan ama tombol home (tergantung tipe hp agan ) maka akan muncul aplikasi yang berjalan.dan  untuk menghentikannya cukup dengan menggeser aplikasi kesamping kiri atau kanan.atau   dengan cara pergi ke setting-kelola aplikasi-aplikasi berjalan-hentikan aplikasi.

  1. menginstal Tweak 
menginstal tweak ini bayak di lalakukan orang yang suka mengobrak abrik androidnya,ini tidak saya jelaskan bagai mana cara mengistalnya,sebab lain HP lain pula tools2 yang di butuhkan.jika anda benar - benar ingin melakukan tahap ini,silahkan anda bergabung di group  merek HP agan sendiri,kayak ane yang sudah bergabung di Komunitas OPPO Find Muse Indonesa.setelah anda bergabung,akan ada tips dan trik yang di ajarkan disitu.terutama Tweak.

  1. membuat Swap RAM
swap ram atau membuat virtual memory,membuat swap ram HP anda harus di root dulu,jika tidak.aplikasi yang di instalkan tidak akan berjalan lancar.contoh aplikasi yang membuat swap  ram yaitu : RAM Expender.Ram Manager Pro dll.
  1. mematikan start up pada aplikasi
ada bayak aplikasi yang start up saat di hidupkan,seperti line,BBM,clean master,DU batre dll.
cara mematikannya dengan menggunakan aplikasi tambahan,yaitu auto run manager.aplikas ini memang ampuh untuk mematikan start up pada aplikassi,tapi hati - hati dalam menggunakanya,jagan pernah mematikan aplikasi system,seperti layanan google play dll.jika anda ingin mengistal aplikasi tsb,maka smartphone anda harus di root terebih dahulu.

  1. Nonaktifkan atau kurangi efek animasi
Anda dapat mempercepat android yang lemot dengan cara mematikan efek animasi. Cara ini dibutuhkan sedikit tenaga ekstra dan anda harus mengaktifkan Developer Options untuk melakukannya. Pergilah ke Settings > Systems > About Phone > Build Number, jika anda sudah menemukannya maka ketuklah hingga 7 kali hingga muncul pesan bahwa anda sudah menjadi seorang developer. Jika sudah, kembali ke Settings dan lihatlah pada bagian Systems, disana anda akan melihat Developer Options / Opsi Pengembang. Masuk kedalamnya dan pergi menuju Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator animation scale, silahkan anda atur dengan selera anda. Jika anda tidak mengerti atau tidak ingin mengganti apapun, silahkan ketuk tombol back.
  1. Nonaktifkan atau kurangi Auto Sync
Sinkronisasi memang sangat membantu kita dalam mendapatkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi seperti BBM, Facebook, Email, dan aplikasi lainnya. Namun, sinkron pun dapat memerlambat kinerja smartphone. Menonaktifkan atau menguranginya mungkin bisa menjadi jawaban anda untuk menambah performa smartphone. Pergilah ke Settings lalu geser kebawah hingga anda menemukan tab Account. Disana anda akan melihat daftar aplikasi yang membutuhkan sinkron. Pilihlah atau nonsktifkan semuanya.
  1. Memakai launcer yang ringan
Jika anda ingin mengubah sistem navigasi dan ingin melakukan beberapa tweak untuk settings agar smartphone terasa ringan. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa launcher pihak ketiga seperti Nova Launcher, Go Launcher Ex, atau Apex Launcher. Next launcer .Pilihlah pengaturan yang sesuai dengan keinginan anda.
  1. Lakukan Factory Reset
Jika beberapa cara mempercepat android diatas masih belum mampu melepaskan rasa jenuh anda dengan smartphone yang lemot maka anda bisa melakukan Factory Reset. Tapi ingat jika anda ingin melakukan hal ini pastikan anda melakukan back up karena factory reset akan mengembalikan isi smartphone anda seperti ketika anda memebelinya pertama kali termasuk update yang anda lakukan untuk semua sistem. Untuk melakukannya pergilah ke Settings > Back Up & Reset > Factory Data Reset.
  1. Overclock
Jika suatu saat anda mendapati bahwa smartphone teman anda lebih cepat dari yang anda miliki yang   mempunyai merk dan spesifikasi yang sama, maka bisa dipastikan bahwa teman anda tersebut melakukan Root dan Overclock. Jika anda ingin melakukan rooting dan overclock, anda bisa  menggunakan aplikasi seperti SetCPU atau Android Overclock. Lakukan dengan hati hati karena jika salah bisa saja anda harus mengganti smartphone sekarang dengan yang baru.
  1. nstal custom ROM
Cara mempercepat android yang lemot setelah melakukan rooting adalah menginstal custom ROM. Cara ini akan sangat berguna bagi anda yang memiliki smartphone yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan sistem atau OS. Dengan memasang custom ROM, android lama anda bisa diperbarui dengan android versi terbaru.

Itulah 16 cara mempercepat Kinerja android yang lemot. Jika anda sudah memiliki beberapa pengalaman dengan salah satu cara diatas, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan saya dan juga pengunjung lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 cara mempercepat android"

Post a Comment